Modern technology gives us many things.

teknik belajar bahasa indonesia yang mengembirakan

cara melakukan bimbingan belajar bahasa indonesia

0

Teknik Belajar Bahasa Indonesia yang mengembirakan

 

Menciptakan teknik belajar Bahasa Indonesia yang menyenangkan bisa menjadi cara terbaik agar murid yang anda ajarkan tidak bosan dan tetap bisa memahami pelajaran yang diberikan. Sebab kebanyakan dari kita pasti sudah sadar bahwa pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang paling sulit dan membosankan.

 

Meskipun tumbuh di Indonesia dan menggunakan Bahasa Indonesia sehari – hari, faktanya hal ini tidak menjamin murid di Indonesia bisa menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Justru sebaliknya, mata pelajaran ini dianggap sebagai pelajaran tersulit karena seringkali pertanyaanya menjebak.

 

- Advertisement -

Bukan hanya itu, pelajaran Bahasa Indonesia juga dianggap membosankan karena sering kali mengandung tulisan yang panjang. Sedangkan seperti yang kita ketahui, masyarakat Indonesia memiliki minat baca yang sangat rendah.

 

5 Teknik Belajar Bahasa Indonesia yang Menyenangkan

Seperti yang dikatakan sebelumnya, salah satu cara terbaik untuk mengajar mata pelajaran yang satu ini adalah dengan menggunakan teknik belajar Bahasa Indonesia yang menyenangkan, santai, dan cenderung tidak membosankan. Karena pada dasarnya, cara belajar yang terlalu kaku dan membosankan justru tidak akan membuat para murid paham terhadap materi yang diberikan.

 

Oleh karena itu, kita akan membagikan beberapa teknik belajar bahasa Indonesia yang menyenangkan yang bisa anda semua coba aplikasikan ketika mengajar di sekolah.

 

1. Belajar di Luar Ruang Kelas

Salah satu hal kecil namun efektif untuk membuat pelajaran Bahasa Indonesia menjadi tidak kaku adalah dengan belajar di luar kelas. Sebab umumnya, murid akan menganggap belajar di kelas harus selalu serius dan terlalu formal. Hal inilah yang membuat murid – murid merasa mata pelajaran Bahasa Indonesia itu membosankan.

 

Nah, untuk mencairkan suasana, cobalah sekali – kali belajar di luar kelas. Baik itu di lapangan, di taman, atau di perpustakaan. Selain sekedar untuk mendapatkan suasana baru, anda juga bisa memanfaatkan momen ini untuk memberikan tugas yang berhubungan dengan tempat belajar.

 

Misalnya ketika belajar di taman, anda bisa memberi tugas kepada murid untuk membuat puisi bertemakan hewan atau tanaman yang ada di taman. Atau bila sedang belajar di perpustakaan, anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mengajar materi yang berhubungan dengan literatur atau karya sastra seperti novel, artikel, dan lain – lain.

 

2. Ajak Murid Bermain Peran

Teknik belajar Bahasa Indonesia yang menyenangkan berikutnya adalah dengan bermain peran namun bukan sebagai ujian praktek. Umumnya bermain peran ini ada dalam pelajaran dialog, theater, surat suratan, drama, pantun dan lain – lain. Agar suasana menjadi lebih santai, anda bisa mengajak murid bermain peran di lapangan atau di taman sekolah.

Mengajak murid bermain peran juga membuat semua murid berpartisipasi aktif dalam pelajaran. Sehingga tidak ada murid yang hanya diam atau mendengarkan saja.

 

3. Membuat Resensi dari Buku yang Disukai Murid

Membuat resensi buku merupakan salah satu tugas yang terkadang tidak disukai murid, apalagi bila judul buku yang harus dibuat resensinya sudah ditentukan oleh guru. Memang hal ini tujuannya bagus, yaitu untuk memperkenalkan murid kepada penulis – penulis terbaik di Indonesia.

Tapi seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, minat baca masyarakat di Indonesia sangat rendah dan kebanyakan guru menentukan buku yang kurang disukai murid untuk dibuatkan resensi. Sehingga bukannya menumbuhkan minat membaca, hal ini justru membuat murid – murid makin malas membaca buku karena dipaksa. Oleh karena itu, awalilah tugas resensi ini dengan menggunakan buku – buku yang disukai murid. Misalnya novel pop atau yang sedang trend di kalangan anak muda, khususnya murid sekolah.

 

4. Menggunakan Games Sebagai Media Belajar

Bukan hanya sebagai teknik belajar Bahasa Indonesia yang menyenangkan, belajar dengan bermediakan games merupakan teknik belajar yang menyenangkan untuk semua mata pelajaran. Apalagi murid – murid sekolah saat ini suka dengan yang berbau video games.

Salah satu cara termudah untuk belajar Bahasa Indonesia menggunakan games adalah dengan menggunakan game Who Wants to be a Millionaire. Tetapi anda sunting dulu semua pertanyaannya dengan pertanyaan yang berhubungan dengan materi pada KBM tersebut. Dengan begitu, materi pelajaran bisa tetap tersampaikan tanpa memaksa murid – murid belajar secara formal.

 

5. Musikalisasi Puisi

Terakhir, anda bisa menggunakan teknik musikalisasi puisi dalam membedah dan memahami puisi – puisi yang ingin diajarkan. Umumnya metode yang satu ini lebih efektif bila diterapkan pada murid – murid SMP, SMA dan sederajat. Sebab rata – rata pada usia tersebut mereka sudah bisa bermain alat musik.

Selain itu, anda juga bisa mengganti puisi dengan syair atau karya sastra yang lain. Sebab puisi dan syair sering dianggap sebagai materi yang paling kaku dan sulit dimengerti oleh murid.

 

Itulah 5 teknik belajar Bahasa Indonesia yang menyenangkan, santai, dan tidak kaku. Jangan lupa untuk memastikan materi tetap tersampaikan meskipun cara belajarnya tidak formal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More