Proses Pembuatan struktural Pelanggan / Di sebut juga Customer Development Process

Customer developtmen procces merupakan pembelajaran wajib di pelejari sebelum membuat startup

Strategy Pembuatan Customer Development Process

 

Customer Development Process ? Asing bukan dengan bahasa yang satu ini, tentu saja tidak asing lagi kalau kita mempelajarinya. Istilah customer Development dahulu di kembangkan oleh Steve Blank sebagai bagian dari metode Lean Startup. Metode digunakan untuk memahami masalah, pertama pemeriksaan penuh peluang dan kedua Validasi terhadap pelanggan. lalu cara ini diharapkan mendapatkan solusi dari proses terbentuknya data pelanggan / Customer. Customer development Process untuk mengecek kebutuhan pasar untuk menghasilkan Solusi dari dari masalah sehingga menciptakan Startup.

Manfaat Customer Development

Manfaat apa saja yang kita dapatkan untuk pembuatan Customer Development yaitu Kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi.

Customer development Process merupakan suatu metode untuk menguji, memvalidasi dan menemukan kebutuhan pelanggan.

5 manfaat Customer Development

  1. Menghindari terbuangnya WAKTU dan UANG, Karena sia sia membuat produk yang belum bermanfaat.
  2. Perusahaan dapat membuat produk Berdasarkan DATA dan Fakta sehingga lebih efisien.
  3. Perusahaan dapat Menghemat DANA Karena Proces Customer Development relatif terjangkau. Produk yang benar benar dibutuhkan.
  4. Membuat tim menjadi solid karena terbiasa dengan Asumsi dan memvalidasinya sbeelum di percaya.
  5. Pemasaran Menjadi Efektif, karena sudah di validasi dengan Data dan Fakta, Sehingga Startup atau perusahaan dapat memanfaatkanya menjadi strategy Pemasaran.

Proces Customer Development

Proces customer development Merupakan bagian terpenting. Kewajiban memahami pelanggan, sampai akhirnya perusahaan bertransisi, selalu memvalidasi pelanggan sehinggga tim memahami proses yang baik untuk perusahaan dan langsung masuk kekebutuhan customer.

 

Customer Discovery

Merupakan Tahapan pelanggan, dimana Visi Startup di ubah menjadi menyesuaikan kebutuhan pelanggan.

Apa yang menjadi kebutuhan pelanggan?

Apa yang bisa di atasi dari kebutuhan tersebut?

tanggapan apa yang di dapat?

Reaksi pelanggan Bagaimana?

Dan banyak pengujian yang di lakukan untuk memenuhi data tersebut Hipotesis dari pertanyaan tersebut akan berguna untuk keberlanjutan proses customer development.

 

Validasi Pelanggan Bagian Customer Process

Di tahap Validasi Maka Startup harus benar benar melaksanakan yang mana yang paling pelanggan anda butuhkan, jangan sampai salah karena apa bila salah salah maka pelanggan tidak tervalidasi ataua sebagai pemenuhan kita sendiri. Produk akan di uji apakah bisa berkembang. Menjadi Produk yang bisa lebih UP lagi, tapi apabila tidak bisa maka mengulang ke Customer Discovery.

Ini Cara Daftar Google Bisnisku dengan Mudah dan Lengkap

Customer Creation

Penciptaan pelanggan atau Customer Creation adalah awal dari eksekusi pembuatan produk yang beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan.

Kemudian, perusahaan juga akan mulai menciptakan kesadaran Branding untuk meningkatkan skala bisnis.

Customer creation awal dari eksekusi dan pembangunan permintaan pengguna akhir. Ini juga mendorong permintaan ke saluran penjualan untuk meningkatkan skala bisnis.

Peluang Bisnis Startup 2022 Yang Perlu Kamu Ketahui

Transisi Perusahaan

Proses Transasisi Startup atau perusahaan, Dalam proses transisi maka perusahaan akan mengubah bidang bidang dan menambah apa saja kekurangan untuk kebutuhan pelangganya, Mentalitas dari startup menjadi perusahaan yang berkembang maju berkelanjutan dan lebih fokus lagi.

Perkembangan klien melibatkan banyak pihak dan membuat departemen baru dan lainya. Pihak yang terlibat yaitu Divisi Pemasaran, Penjualan, Teknik ke Manajemen Produk. Peran pendiri dan CEO juga tidak kalah pentingnya, terutama dalam memberikan dukungan kepada tim. Tanpa dukungan ini, pengembangan klien tidak akan berfungsi Optimal.

 

Pertimbangkan hasilnya

Masalah terbesar Proces Customer Development yaitu proses bersaing, dan tidak ada yang memperhatikan apa yang ditemukan. Mungkin ada begitu banyak cinta untuk produk sehingga orang menolak untuk mengubah apa pun, bahkan jika perubahan akan membuatnya lebih berharga. Jangan biarkan bias pribadi meminum penilaian Anda dan menghancurkan startup Anda. Gunakan Alat Mulai Proyek Manajemen untuk membuat rencana implementasi dan melaksanakan perubahan ini.

7 DAFTAR STARTUP TERBAIK DAN TERNAMA DI INDONESIA

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.